Tuesday 15 January 2019

Tips Menulis Artikel Blog Yang Baik


Bagi anda yang sering mengertik artikel blog untuk website ada baiknya lebih diperhatikan lagi. Karena mengetik artikel untuk blog susah susah gampang. Apabila anda mengetik artikel blog tidak diperhatikan maka isi dari artikel tersebut tidak akan mudah dipahami oleh pembacanya. Dilain sisi inti dari kegiatan blogging sendiri adalah membuat konten atau artikel singkat yang menarik dan jelas sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Tips Menulis Artikel


Untuk membuat artikel blog pribadi sendiri tidak ada aturan khusus untuk mengetiknya. Beda halnya dengan membuat blog review produk seperti tentang blog yang membahas tentang otomotif atau tentang tempat wisata dan lain - lain. Gaya bahasa yang digunakan untuk blog pribadi dan blog teknologi tentunya berbeda.

Blog pribadi menggunakan gaya bahasa yang lebih bebas atau menggunakan bahasa sehari-hari atau tidak menggunakan bahasa baku. Maka untuk blog teknologi sebaliknya. Blog teknologi menggunakan gaya bahasa baku karena jika tidak menggunakan bahasa baku naskah artikel tersebut akan rancau dengan topik yang sedang dibahas atau naskah artikel tersebut terlihat tidak serius.

Tips Menulis Artikel


Ada 2 gaya bahasa yang sering digunakan dalam penulisan artikel blog yaitu, gaya jurnalistik dan gaya ringkasan. Gaya jurnalistik langsung memberikan informasi intinya pada bagian awal artikel dan untuk informasi pendukung terletak pada bagian tengah atau akhir artikel blog tersebut. Sedangkan gaya ringkasan merupakan gaya berita ringkas yang singkat. Sehingga informasi yang diberikan untuk pembaca sudah padat, jelas, singkat, terperinci dan lebih mudah untuk dipahami. 
Berikut tips menulis artikel blog dengan baik :

1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca 

Jika anda menulis artikel blog sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca jangan menggunakan bahasa yang berbelit-belit. Apabila anda menulis artikel blog tetapi bahasanya sulit dipahami itu akan menyulitkan pembaca dalam memperoleh inti dari informasi tersebut dan ada baiknya menggunakan gaya bahasa yang sederhana. Oleh karena itu diperlukan latihan berulang-ulang dalam membuat artikel blog.

2. Sering membaca buku atau membaca refrensi 

Untuk menghasilkan artikel yang bagus anda harus lebih sering membaca buku atau membaca referensi. Dari membaca tersebut bisa mendapatkan banyak informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru. Dengan lebih sering membaca buku dapat membatu otak untuk berfikir secara logis dan sistematis. 

3. Gaya bahasa yang unik 

Memiliki gaya bahasa yang unik merupakan salah satu hal yang peting, tetapi tidak harus terpaku pada point tersebut. Apabila terfokus pada point tersebut maka akan menghambat kreativitas.

0 comments:

Post a Comment