Monday 21 January 2019

Trik Mudah dan Cepat Membersihkan Wajan Penggorengan yang Sudah Hitam

Memasak merupakan kegiatan yang dilakukan hampir oleh semua orang, baik wanita atau lelaki. Memasak bukan hanya hobi tetapi memasak merupakan hal wajib yang berfungsi untuk menjaga kesehatan keluarga agar tetap terkontrol dalam mengonsumsi makanan. Biasanya ada-ada saja masalah yang dihadapi setelah memasak. Salah satunya yaitu adanya kerak hitam di wajan penggorengan.

Membersihkan Kerak hitam pada wajan


Kerak atau noda hitam yang menempel pada wajan penggorengan biasa disebut dengan jelaga. jelaga sendiri muncul karena anda menyalakan api kompor terlalu besar atau menyalakannya dengan suhu yang tidak sesuai. Jika jelaga tersebut dibiarkan saja dan tidak dibersihkan dengan benar maka jelaga tersebut akan menempel, menumpuk, mengerak dan menjadi semakin sulit untuk dibersihkan. 

Membersihkan jelaga yang menempel pada wajan penggorengan tidak terlalu sulit kok. Ada bahan-bahan yang mudah di dapatkan untuk membersihkannya. Berikut kami beri referensi tentang membersihkan wajan penggorengan dengan mudah dan cepat. 

1. Menggunakan air cuka 



Kandungan asam asetat yang terdapat dalam cuka terbukti ampuh untuk membersihkan kerak hitam yang menempel pada wajan penggorengan. 

Untuk cara membersihkannya cukup siramkan air cuka ke bagian wajan penggorengan yang ada kerak hitamnya. Kemudian diamkan beberapa menit, jika sudah didiamkan lalu gosok wajan penggorengan terebut. Terakhir bilas wajan penggorengan lalu cuci dengan sabun pencuci piring. 

2. Baking soda dan air 



Baking soda bukan hanya untuk membersihkan kerak hitam yang menempel pada wajan penggorengan. Tetapi juga membersihkan noda lain yang membandel. 

Cara penggunaannya cukup campurkan baking soda dengan air lalu tuangkan kebagian wajan penggorengan yang hitam. Diamkan hingga beberapajam, hingga benar-benar maksimal. Jika memang sudah maksimal kemudian bilas wajan penggorengan tersebut dengan sabun pencuci piring. 

3. Gunakan abu gosok 



Ini merupakan salah satu cara tradisional yang sering dilakukan oleh semua orang untuk membersihkan kerak hitam. 

Cara menggunakannya campurkan abu gosok dengan air usahakan jangan terlalu cair atau sampai membentuk gumpalan. Kemudian gosokan gumpalan abu gosok kebagian wajan penggorengan yang hitam lalu gosok hingga bersih. Terakhir bilas wajan penggorengan tersebut. 

0 comments:

Post a Comment