Friday 25 January 2019

Waspada Terkena Biduran, Ketahui Gejala-gelaja dan Cara Mengatasinya

Urtikaria, atau yang biasa disebut dengan biduran adalah kondisi di mana kulit memiliki ruam yang begitu menonjol dan gatal, bisa muncul di salah satu bagian tubuh atau menyebar luas ke bagian seluruh tubuh. Terkena penyakit biduran tidaklah berbahaya seperti penyakit lainnya. Tetapi bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman untuk penderita saat tidur maupun sepanjang hari, hal itu disebabkan akibat adanya sensasi yang sangat gatal dari biduran tersebut. 

Gejala Biduran


Biduran ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Perlu diwaspadai apa saja yang dapat meyebabkan terjadinya biduran dan bagaimana gejala-gejala terjadinya biduran juga cara mengatasinya. 

Gejala-gejala Biduran 

Ruam pada kasus biduran memang terasa gatal, tapi juga bisa terasa perih atau menyengat. Untuk gejala biduran ini bisa bertahan sampai berjam-jam bahkan sampai beberapa hari. Biduran yang terjadi selama kurang dari enam minggu bisa disebut dengan biduran akut atau jangka pendek. Tapi juga ada kasus biduran yang bertahan lama atau lebih dari enam minggu yang bersifat kambuhan selama beberapa bulan atau bahakan tahun. Untuk kondisi seperti ini yang jarang terjadi bisa disebut dengan biduran kronis atau jangka panjang. 



Biduran kronis dapat diartikan sebagai pertanda dari penyakit lain yang sedang diderita. Seperti penyakit tiroid, diabetes, tipe 1 atau lupus, bdiuran sendiri lebih umum terjadi pada anak-anak dan wanita usia 30-60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki alergi juga memiliki risiko lebih besar terkena biduran. 

Cara Mengatasi Biduran Tanpa Obat 

1. Kompres dengan air dingin atau es batu

Mengompres bagian yang gatal menggunakan es batu air dingin ternayat dapat mengurangi rasa gatal yang menyerang. Anda dapat mengompresnya dengan cara membungkus es batu atau air dingin dengan kantung plastik. Lalu kompreskan kebagian yang gatal dan biarkan selama 10 menit dan ulangi lagi jika masih terasa gatal. 

2. Gunakan baju yang longgar 

Usahakan menggunakan baju dengan ukuran yang longgar karena hal tersebut dapat membuat suhu tubuh anda tetap sejuk dan kulit tetapbisa bernapas. Sebaliknya,jika anda menggunakan baju yang ketat justru akan membuat tubuh menjadi tambah gatal, ini disebabkan karena kulit susah bernapas sehingga kulit menjadi panas dan berkeringat. 

3. Hindari produk yang dapat menambah iritasi 

Ada beberapa jenis produk yang justru akan membuat biduran menjadi tambah parah. Salah satunya sabun,jika anda sedang mengalami biduran usahakan menggunakan sabun yang khusus untuk kulit sensitif. 

Biasanya jenis produk yang tidak cocok untuk biduran tidak memiliki bau karena sabun tersebut banyak mengandung bahan kimia yang dapat memicu iritasi.

0 comments:

Post a Comment